latian untuk BAB 7 STRATEGI MANAJEMEN


Pertanyaan Strategi manajemen
1. Jelaskan perbedaan utama antara overall cost leadership, differentiation, dan focus! Kapan kita sebaiknya menerapkan masing-masing strategi generic tersebut?
Jawab:
Strategi Kepemimpinan Biaya
Strategi yang digunakan organisasi apabila organisasi ingin menjadi pemimpin pasar berbasis biaya rendah dengan basis pelanggan yang luas. Biaya disini merupakan total biaya produksi, dan bukan pada harga. Pada strategi ini organisasi ini fokus pada bagaimana perusahaan mampu memproduksi barang dan jasa dengan biaya yang rendah.
Strategi Diferensiasi
Perusahaan akan menggunakan startegi diferensiasi bila ingin bersaing dengan pesaingnya dalam hal keunikan produk dan jasa yang ditawarkan.
Strategi Fokus
Perusahaan dengan strategi fokus melayani kebutuhan spesifik ceruk pasar . Ia bisa memilih strategi fokus berbasis biaya atau diferensiasi.

2. Adakah perbedaan antara strategi generic ala Porter dengan Miles & Snow dan Abell? Jelaskan!
jawab :
Strategi Bersaing Generik Versi Porter
Keunggulan kompetitif hanya akan diperoleh lewat salah satu dari dua sumber: bisa dari keunggulan menciptakan biaya yang rendah atau dari kemampuan organisasi untuk menjadi berbeda dibandingkan para pesaingnya.
Kerangka Definisi Bisnis Abell
1. Kelompok pelanggan: siapa yang dilayani oleh organisasi;
2. Kebutuhan pelanggan: apa yang di butuhkan konsumen yang bisa dipenuhi oleh organisasi ;
3. Teknologi atau kompetisi inti: bagaimana organisasi akan memenuhi kebutuhan tersebut.
Dengan kata lain, pendekatan ini menekankan pada pelanggan , dan bukan industri dan produk/jasa yang dihasilkan ketika menngembangkan stategi bersaing yang efektif dan sesuai.
Jadi, kalau stategi bersaing Generik versi Porter lebih kearah biaya sedangkan kalau Abell menekan pada stategi bersaing yang efektif.


3. Bagaimana caranya agar tidak terjebak dalam posisi stuck in the middle?
Jawab :
Caranya adalah diman suatu perusahaan mengembangkan sebuah keunggulan kompetitif yang secara bersaman mencapai biaya rendah dan diferensiasi pada tingat yang tinggi.

4. Jelaskan perbedaan dan persamaan antara strategi persaingan generik versi Porter dan Mintzberg!
Jawab :
Strategi Bersaing Generik Versi Porter
Keunggulan kompetitif hanya akan diperoleh lewat salah satu dari dua sumber: bisa dari keunggulan menciptakan biaya yang rendah atau dari kemampuan organisasi untuk menjadi berbeda dibandingkan para pesaingnya.
Strategi Persaingan Generik Mintzberg
Diferensiasi melalui citra pasar adalah strategi organisasi untuk menciptakan citra tertentu pada benak konsumen. Diferensiasi melalui desain produk bisa diartikan sebagai usaha organisasi untuk berkompetisi dengan menciptakan fitur produk dan desain yang diinginkan pasar, Diferensiasi melalui kualitas merupakan strategi di mana organisasi berkompetisi dengan memberikan kualitas dan kinerja produk yang lebih tinggi pada harga yang bersaing.

5. Apa yang dimaksud dengan hiperkompetisi? Jelaskan perbedaan strategi 7S dan 7s baru!
Jawab :
hiperkompetisi adalah bahwa pengaruh-pengaruh negatif tersebut tidak dengan segera terwujud secara nyata. Efek negatif pada awalnya mungkin sulit untuk bisa dilihat kerena persaingan naik satu tahap setiap saat, masing-masing menimbulkan persaingan yang lebih keras.
Ketika 7S sesuai satu sama lain dan saling mendukung, perusahaan akan maju kedepan sesuai dengan yang diinginkan. Ketika 7S saling bertentangan, perusahaan keliatannya akan kehilangan momentum dan kesatuan. Sedangkan 7S baru yang menawarkan suatu pendekatan perencanaan strategik yang lebih fleksibel dan dinamis.

6. Pilihlah sebuah industry yang anda sukai. Diskusikan bagaimana langkah-langakah suatu perusahaan untuk memperoleh keunggulan kompetitif. Apa yang akan dilakukan setelah memperoleh keunggulan kompetitif berkaitan dengan pilihan terhadap strategi bersaing yang akan diterapkan oleh perusahaan!
Industri pakaian, memperoleh keunggulan yang banyak. Kita memakai stategi persaingan generik Mintberg
Strategi Persaingan Generik Mintzberg
Diferensiasi melalui citra pasar adalah strategi organisasi untuk menciptakan citra tertentu pada benak konsumen. Diferensiasi melalui desain produk bisa diartikan sebagai usaha organisasi untuk berkompetisi dengan menciptakan fitur produk dan desain yang diinginkan pasar, Diferensiasi melalui kualitas merupakan strategi di mana organisasi berkompetisi dengan memberikan kualitas dan kinerja produk yang lebih tinggi pada harga yang bersaing.

7. Berikan contoh kasus, industry di Indonesia yang di dalamnya terjadi hiperkompetisi di antara perusahaan-perusahaan yang berada di dalamnya. Jika Anda salah satu dari manajer perusahaan dalam industry tersebut, carilah factor pendorong munculnya hiperkompetisi tersebut dan strategi apa yang akan anda gunakan untuk menghadapi situasi tersebut. Jelaskan!

0 komentar:

Posting Komentar